Daya saing bisnis yg merupakan andalan di era kompetisi masih relevan sampai saat ini, sejak dahulu kala manusia dan hewan melata hidup adalah berkompetisi, mereka yg unggul yg mendapat lebih. Mereka yg berkuasa dan mengatur adalah mereka yg memiliki otoritas.

Nah, sampai sekarang dan besok yg katanya sudah memasuki era industri ke 4 pun bersaing dengan cara dan penamaan yg berbeda2. Ada kreatifitas… Ada value inovation, kolaborasi dgn merger, akuisisi, dan lain2…intinya sebenarnya ya sama memenangkan pasar… Memperoleh kekuasaan pasar.

Apakah teknologi yg super canggih di era serba internet, serba robot dan serba canggih akan menyebabkan smua org sukses…. Jawabnya tetap sama ilmu pareto… Bahwa hanya 20% saja warga dunia yg menikmati keberlimpahan… Buktinya ojol….

Driver ojol ribuan.. Siapa yg kaya raya…?

Besar sekali manfaat bukalapak dan kawan2, berapa Orang yg kaya raya karenanya… 20% dan sisanya bekerja keras di dalamnya…

Nah, apa yg tidak berubah…. Kesunguhan dan pantang menyerah meraih keberhasilan dgn dan dalam era yg terus berkembang.. Yakni era industri ke 4 dan seterusnya.

Berdaya saing, ya berarti punya inovasi bisnis, inovasi cara, inovasi nilai2 kehidupan, memahami maayarakat dan memahami perkembangan dunia, ambil kesempatan pertama dgn seriuas….

Ilmu kuno tetap berlaku….

#malang10122018
#beranikreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.