kita tuntaskan daya saing ya,

daya saing produk artinya produk kita memiliki setidaknya keunggulan bersaing, diantaranya keandalan, kesulitan ditiru dan kelebihan kualitas dibandingkan yang lain. apakah produk tanpa daya saing, boleh dibilang smua di bawah rata-rata atau sebagai follower dapat diterima pasar, ya tentu Anda bisa menjawabnya sendiri dan merasakan penderitaan sebagai pengikut pasar.

nah daya saing produk yang secara konsisten berdaya saing, biasanya karena perusahaannya memiliki daya saing atau keunggulan, atau daya saing bisnis. Daya saing bisnis bisa saja lebih luas dari daya saing produk, dimana faktor lain misal keunggulan manajemen, keunggulan tempat (teritori), keunggulan monopoli dan keunggulan sistem dan teknologi juga bisa menjadi penghambat pesaing masuk industri (barrier to entry).

dalam penelitian yang kami lakukan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah di daerah, menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mendrive keunggulan bersaing ini, yang ujungnya adalah kemampuan pelaku usaha naik kelas, berkembang dan bertahan dalam persaingan usaha diantaranta adalah, persaingan, faktor pemimpin (owner) dan motivasi kolektif manajemen.

bisa saja terjadi persaingan usaha yang luar biasa di era industri 4.0 yang serba terbuka ini, tetapi ternyata memiliki keunggulan di produk, dan kelebihan modal saja tidak cukup menentukan keberhasilan usaha, motivasi memang harus di jaga agar konsisten sebagai team, tetapi ternyata motivasi pemimpin (owner) lah yang menjadi penentu sukses majunya usaha dan kemampuan memimpin serta pengambilan keputusan oleh pemimpin adalah kunci utama keunggulan bersaing dan kemampuan bisnis naik kelas.

nah, apakah anda masih menyalahkan pesaing, menyalahkan keadaan dan kelemahan pegawai? ternyata tidak ada sukses besar kecuali ditentukan oleh anda sendiri sebagai pemimpin usaha. ayo terus belajar. andalkan diri sendiri.

#malang12122018
#berdayaberanikreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published.