Untuk memenangkan persaingan kita memerlukan jam terbang yang memadai, menurut hukum 10 ribu jam, untuk menjadi ahli, seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10 ribu jam. Teori 10 ribu jam ini dimuat dalam buku “Outliers” karya Malcolm Gladwell. Malcolm Gladwell hanya ingin mejelaskan, ada faktor sejarah dan lingkungan, termasuk keluarga dan orang tua yang menjadi Driving Force Kesuksesan.

Dalam studi lain yang disebut proyek pengembangan bakat, Dr. Benjamin Bloom dari Northwestern University memerhatikan karier pematung pianis, master catur, pemain tenis, perenang, ahli matematika dan ahli saraf kelas dunia. Dia menemukan bahwa para profesional di berbagai bidang ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 18 tahun sebelum mereka mampu mencapai tingkat dunia. Bila anda tertarik, Dr. Bloom bahkan semakin spesifik lagi.

Dia akan mengatakan kepada anda, bahwa waktu yang anda butuhkan sejak pertama kali belajar memainkan piano sampai mampu meraih kemenangan dalam kompetisi piano Van Cliburn, Tchaikovsky, atau Chopin adalah 17,14 tahun.

Sama dengan petikan hikmah berikut ini ; “DI DUNIA INI TIDAK ADA YANG DAPAT MENGALAHKAN KEGIGIHAN”. Ray Kroc, Pengembang Mc Donald. “Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan sukses, tapi sayang mereka kemudian menyerah”. Thomas Alfa Edison, Pendiri Edison Electric.

“Bila kita takut akan kegagalan, berarti kita telah membatasi kemampuan kita”. Henry Ford, Pendiri Ford Motor, barangkali maknanya adalah jika kita membatasi diri untuk bertindak bisa jadi kita sedang takut gagal, atau jika kita sedang stag, macet dan buntu, coba kita tanyakan dalam hati kita, apa yang sedang kita khawatirkan, mereka yang sukses sudah membuktikan bahwa penemuan hebat membutuhkan berkali-kali kegagalan sebelum akhirnya berhasil. Bahkan ada pendapat bahwa “Rata-rata orang sukses mengalami 3 sampai 8 kali kegagalan besar sebelum akhirnya meraih kesuksesan”. Lisa M. Amoss, Pakar Bisnis.

Jim Collins dalam bukunya Good to Great, menggambarkan tentang perusahaan-perusahaan hebat yang diteliti dari 1.435 perusahaan bagus, yang telah berumur di atas 50 tahun, dan dalam 15 tahun terakhir untung terus menerus 3 kali lipat saham umum. Jim Collins menemukan 11 perusahaan yang benar-benar hebat, menurut Jim Collins menyatakan, kehebatan bukan merupakan fungsi keadaan, tetapi kehebatan sebagian besar merupakan pilihan sadar.

Jika kita ingin menjadi perusahaan besar dan hebat maka kita harus keluar dari belenggu merasa puas diri, merasa sudah hebat, kita harus memiliki keinginan terus berbenah dan terus ingin lebih baik. Selaras dengan ucapan Nabi Muhammad, SAW bahwa jika hari ini sama dengan kemarin, kita merugi, jika hari ini lebih jelek maka kita celaka. Jims Collins menyatakan bahwa i, jika kita merasa sudah hebat, tidak mau berbenah-kita tidak akan hebat.

Apa rahasia perusahaan-perusahaan hebat ini? Ternyata terletak pada tujuan mereka, yang digambarkan oleh Jims Collins sebagai BHAG; Big, Hairy, Audacious, Goal.

Bagaimana kita mampu membangun tim yang mampu membawa kehebatan organisasi kita, menurut Jims Collins, harus memenuhi unsur sebagai berikut:

Daya tahan, sebagai kunci sukses perusahaan hebat, dapat dilihat dari kisah-kisah heroik sejarah berdirinya perusahaan hebat saat ini, kisah kolonel sanders yang alkisah mencoba menawarkan ke lebih dari 1008 calon mitranya, dan sekarang menjadi perusahaan yang sangat besar dan mendunia, Kentucky Fried Chicken. Tomas alfa edison sebelum menemukan bohlam lampu, Abraham Linkoln saat dia jatuh bangun sebelum menjadi presiden paling sukses di Amerika Serikat serta sederetan orang sukses lainnya.

Saat Anda memulai usaha, betapa bahagianya hidup ini, seperti saat kita memiliki mobil baru atau rumah baru tetapi usaha harus di pertahankan dan diperjuangkan dengan daya tahan dalam menghadapi tantangan persaingan akan datang dimana persoalan konsumen menurun, pemasok yang tidak selalu tersedia dengan harga yang tidak menentu, karyawan yang tidak bisa dikendalikan, keuangan yang seret, dan segudang persoalan dalam bisnis. Apalagi bisnis ini harus kita kelola sepanjang waktu, sepanjang tahun, setiap bulan dan setiap hari. Tidak bisa sedetikpun kita melepaskan perhatian kita, jika tidak ingin pasar kita di ganggu oleh pesaing.

Daya tahan anda benar-benar diuji, mereka yang sekarang sukses luar biasa tentu saja di masa sebelumnya bekerja sangat keras dengan daya tahan yang luar biasa, sabar dan persistent. Sesulit apapun kendala dalam bisnis, ingat tujuan Anda berbisnis, ingat impian impian Anda, saat sukses besar akan datang, biasanya cobaan besar akan datang, apakah Anda siap dan punya daya tahan ?.

+++

Untuk keperluan training, fasilitator, motivasi, workshop, pendampingan usaha, kerjasama dan event organizer, silahkan hubungi kami. Di 085 868 586 660 Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.