Pentingnya Merek Usaha

Pengertian merek adalah nama istilah, logo, tanda atau lambang dan kombinasi dari dua atau lebih untuk mengidentifikasikan suatu produk dari seorang penjual untuk membedakan dari pesaing. “Merek adalah aset terbesar sebuah usaha dan nilainya tergantung dari kualitas semua dimensi usaha yang ada di dalamnya”.

Merek bukan sekedar nama, tapi merupakan;

Merek atau brand adalah aset yang tidak kasat masa atau intanggible aset, merupakan unsur dari citra produk/bisnis, perizinan, hak merek dan hak dagang, size market, sejarah, nilai kontrak kerjasama dengan pihak lain dan keuntungan lain, biasanya nilai merek lebih besar daripada tanggible aset, berupa produk, aset bergerak dan aset tak bergerak lainnya.

Sebagai ilustrasi, berikut ini nilai beberapa merek terkenal di dunia;

brand

Nilai bisnis yang dapat diukur secara nyata, lebih kecil dibandingkan nilai bisnis karena brand yang dikembangkan. Nah sekarang, secara sederhana, bisakah kita memperkirakan berapa nilai intenggible brand kita?. Jika bisnis kita belum masuk di pasar saham, atau perusahaan publik, tentu tidak bisa di ukur, akan tetapi, secara simulasi atau virtual, kita bisa mengukur sebagai berikut:

Merek sangat penting, ya karena bisnis tanpa nama, tanpa brand, tidak dapat di kembangkan dengan sistem waralaba, pembukaan cabang dan konsumen akan sulit mengenali, mana produk asli buatan kita atau buatan kompetitor. Misalnya kita pembuat kursi ukir, tapi karena nama, maka konsumen akan kesulitan mengenali mana buatan kita dan mana yang buatan orang lain.

Pernahkah Anda memperhatikan usaha yang ada di sekitar tempat tinggal kita, ada usaha yang sudah 10-15 tahun lalu hidup, sampai sekarang tetap seperti itu keadaannya, bahkan sebagian sudah mati? Ya, tentu karena tidak dikembangkan, dan salah satu lainnya karena tidak mengembangkan brand atau mereknya.

Melindungi Usaha dengan Legalitas Usaha

Perlindungan merek dagang, yang paling utama adalah dengan;

Dengan melengkapi perlengkapan tersebut, jika suatu hari ada kompetitor yang meniru bisnis kita, maka konsumen dengan mudah membedakan mana bisnis yang asli dan mana yang milik kompetitor. Apakah boleh meniru bisnis orang? Jawabnya adalah BOLEH. Misalnya BAKSO, DAWET, DONAT, BEEF BURGER, KEBAB, SERVICE HP, WARNET, BATIK, MAKANAN, CAFÉ, LEMBAGA KURSUS, KEDAI, BOUTIQUE, merupakan kata-kata yang tidak boleh di TM atau di labeling ®, kecuali dengan nama anda. Ex. Bakso Jadul, Bakso Cinta (bentuknya hati), Boutique oke, Dll.Yang perlu diingat, tidak ada undang-undang yang melarang anda meniru bisnis, yang tidak boleh adalah menjiplak logo, hak intelektual orang lain, dan merek.

Jenis Legalitas Usaha

Untuk perlindungan bisnis kita, kita perlu mengurus legalitas atau perizinan kepada pemerintah dan pemilik otoritas perizinan di wilayah masing-masing.

+++

Untuk keperluan training, fasilitator, motivasi, workshop, pendampingan usaha, kerjasama dan event organizer, silahkan hubungi kami. Di 085 868 586 660 Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.