Pak, bagaimana cara meningkatkan daya penjualan usaha saya? Ini pertanyaan sulit.

“Saya sudah promosi dan sudah melakukan banyak saran orang, yg belum ke dukun aja pak, ha ha ha “….

Nah, ukm ya begitulah,
Sudah tau belum siapa sebenarnya pembeli atau target market anda?
Dimana mereka, bagaimana perilaku mereka, bagaimana mereka akan membeli, dan apa masalah mereka: kok bisa bisanya membeli produk anda?

“Bagaimana saya tau pak? “…itu jawaban ukm, ya di tanya pak…. Nah..

Bagaimana di tanya, ya di Survey sambil diajak ngobrol, siapa mereka, dan mengapa mereka membeli, serta apa masalah mereka.. Lalu kita berikan solusi…. Kita posisi kan diri sbg pemberi solusi ~ positioning istilahnya.

Misal ya pembuat kopi, misal sy punya brand “kopi sunan”, siapa pembeli sy, setidaknya ada tiga, beli untuk hadiah, beli untuk dijual di warung kopi sebagai kopi cangkir, dan beli untuk di sedu sendiri.

Dari tiga jenis pasar itu sudah jelas beda harga, beda kemasan dan beda berat isinya. Beda cara memasarkannya dan beda pula cara menawarkan ~ beda keunikan produknya….! Nah.

Dalam bisnis, selalu harus ada produk yg bikin rame pembeli, untung tipis, tapi rame….nah kita ambil untung dari yg lain. Misal kemasan cantik bikin tamu datang, terkenal sebenarnya ndak bikin kaya, tapi karena terkenal promosi gratis… Bisa jadi penjualan grosir kopi kita yg besar, atau eksport kopi khusus yg jadi duit. Nah apakah di bisnis anda ada produk sebagai market generator!

#rembang22122018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *