Bagaimana cara menuliskan rencana usaha ? dibagian lain panduan ini telah dilengkapi template penulisan rencana bisnis, anda akan dipandu oleh instruktur untuk menuliskan rencana bisnis yang baik.

Jika kita GAGAL MEMBUAT RENCANA, BISA JADI KITA MERENCANAKAN UNTUK GAGAL dalam mengelola bisnis kita. Perencanan anggaran yang salah, asumsi bisnis yang salah bisa membuat kemacetan keuangan kita, kelebihan beban biaya, sedangkan pendapatan kurang dari target. Untuk itu perencanaan bisnis yang akurat dan semakin detail akan memudahkan kita dalam mengantisipasi semua kemungkinan yang akan terjadi dalam bisnis yang kita kelola.

Untuk menuliskan rencana bisnis, anda harus memiliki data yang banyak, dari berbagai sumber, diantaranya kompetitor, konsumen dan pasar penyedia bahan baku.

A. TULISKAN RENCANA BISNIS ANDA
Rencana yang ditulis, terbukti efektif menuntun pencapaian target seseorang. Menurut penelitian di YALE UNIVERSITY, bahwa wisudawan yang sudah memiliki rencana tertulis untuk masa depannya setelah 20 tahun, memiliki penghasilan 30 kali lebih banyak dibandingkan yang tidak menuliskan rencananya. Di tempat lain di harvard business school, menunjukkan bahwa mereka yang merencanakan masa depan bisnisnya, akan 9x labih besar kesuksesannya, dibandingkan mereka yang hanya mengangan-angankan, yang hanya 2x lebih besar dari pada mereka yang tidak mempunyai rencana.

Secara garis besar, hal-hal yang terpenting dan harus direncanakan dan dituliskan adalah sebagai berikut:

Secara detail, di panduan workshop akan dibahas dan dipandu satu persatu.

B. ANALISA SWOT
Lakukan analisa rencana bisnis Anda, agar mendapatkan masukan dan perbaikan, mintalah tenaga ahli memberikan analisa dan masukan perbaikan. Selain tenaga ahli, Anda dapat menerima analisa dan masukan dari calon konsumen dan orang-orang di sekitar Anda, bisa keluarga dan teman, apa kelemahan dan keunggulan rencana bisnis Anda, biasanya ada hal-hal yang kita belum mengerti, ini kesempatan memperbaikinya. Jika Anda punya teman atau kenalan yang sudah ada dibisnis sejenis sebelumnya, akan sangat baik untuk menerima masukan.

Secara sederhana, kita dapat membuat analisa sendiri terhadap rencana yang sudah kita susun dengan membuat analisa SWOT, yakni:

S : Strength, kekuatan identifikasi apa kekuatan dari bisnis kita, apa pembeda penentu dengan kompetitor yang memungkinkan memenangkan persaingan bisnis.

W: Weakness, apa kelemahan yang masih ada, dan secara nyata harus di perbaiki, dan dikurangi kelemahanya dari analisa perencanaan bisnis kita dibandingkan dengan kompetitor. Kelemahan di identifikasi bukan untuk melemahkan, tetapi untuk mengantisipasi.

O: Opportunity, peluang adalah, identifikasi apa saja peluang yang bisa dioptimalkan untuk pengembangan bisnis yang sedang direncakanan.

T: Treath, batasan, kendala adalah identifikasi dari perencanaan bisnis yang disusun untuk mengetahui apa saja kendala dan kelemahan dasar yang bisa mengurangi keberhasilan dan kelancaran usaha yang akan dikembangkan.

Dengan memeriksa berapa banyak kelemahan kita dibandingkan dengan kekuatan kita bisa menjadi ukuran berapa peluang usaha ini dikembangkan. Dengan melihat peluang dan tantangan, kita bisa menganalisa berapa peluang-peluang yang kita miliki dibandingkan dengan tantangan dan kendala yang masih harus di hadapi akan menjadi ukuran berapa besar kesempatan bisnis ini dikembangkan.

+++

Untuk keperluan training, fasilitator, motivasi, workshop, pendampingan usaha, kerjasama dan event organizer, silahkan hubungi kami. Di 085 868 586 660 Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.