Memahami Biaya

Biaya adalah semua uang yang dikeluarkan untuk membuat dan menjual produk dan jasa usaha kita. Pembebanan biaya adalah cara menghitung total biaya dari membuat atau menjual sebuah produk atau jasa, dengan mengetahui biaya, maka kita dapat menentukan harga, pengendalian biaya, pembuatan keputusan investasi dan pengembangan bisnis masa depan.

Ada dua jenis biaya;

BIAYA LANGSUNG adalah semua biaya yang secara langsung terkait dengan produk atau layanan yang dibuat atau dijual, meliputi;

Biaya bahan langsung adalah semua uang yang dikeluarkan untuk komponen suku cadang atau bahan yang menjadi bagian, atau terkait langsung dengan produk atau jasa yang dibuat atau dijual. Untuk pedagang eceran atau grosiran, biaya pembelian membeli barang untuk dijual kembali adalah biaya bahan langsung.

Biaya tenaga kerja langsung adalah semua yang dikeluarkan bisnis Anda untuk upah, gaji dan tunjangan untuk orang yang secara langsung terlibat dalam produksi barang dan jasa Anda. Untuk pedagang eceran dan grosiran tidak memiliki tenaga kerja langsung.

BIAYA TIDAK LANGSUNG, adalah semua biaya lain yang Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis, misalnya biaya sewa, bunga, listrik. Biaya tidak langsung biasanya tidak terkait dengan satu produk atau jasa tertentu, biasa juga disebut sebagai biaya operasional atau pengeluaran.

Biaya bahan langsung + biaya tenaga kerja langsung + biaya tidak langsung = total biaya

Menentukan harga untuk manufactur atau operator jasa

a. Menghitung biaya bahan langsung

b. Menghitung biaya tenaga kerja langsung

c. Menghitung biaya tidak langsung

d. Menjumlah biaya total
Seluruh biaya bahan langsung (a), ditambahkan dengan seluruh biaya tenaga kerja langsung (b) ditambah dengan biaya tidak langsung merupakan biaya total per unit produk.

Menentukan Biaya untuk pedagang eceran atau grosiran

Usaha pedagang eceran dan grosiran tidak memiliki biaya tenaga kerja langsung maka biaya yang ada adalah sebagai berikut:

a. Menghitung biaya bahan langsung.

b. Menghitung biaya tidak langsung.

C. Seluruh biaya bahan langsung (a), ditambah dengan biaya tidak langsung merupakan biaya total per unit produk (b).

Bagaimana Menetapkan Harga.

+++

Untuk keperluan training, fasilitator, motivasi, workshop, pendampingan usaha, kerjasama dan event organizer, silahkan hubungi kami. Di 085 868 586 660 Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.